Suhaili Cap Tanda tangan dengan Darah Tangannya saat Aksi penolakan Nama Bandara Lombok


Bupati Lombok Tengah HM Suhaili Fadil Tohir membubuhkan tanda tangan darah pada petisi penolakan pergantian nama bandara Lombok yang sebelumnya dinamakan Lombok International Airport (LIA) menjadi Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (ZAM) atau Zainuddin Abdul Madjid International Airport (ZAMIA).
Cap tangan darah itu dilakukan Bupati yang diikuti Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, dan seluruh pejabat Satuan Kerja Pelayan Masyarakat (SKPM) usai menggelar istighosah penolakan pergantian nama bandara di jalur baypass sebelah barat bandara Lombok, Jumat (7/9/2018).
Bupati Suhaili yang didampingi Wakil Bupati, Sekretaris Daerah serta para pejabat berusaha menusuk jari jempol tangan untuk mengeluarkan darah yang akan digunakan cap tangan di kain petisi berwarna putih yang membentang di tengah-tengah arena acara. “Susah sekali darahnya keluar,” kata Suhaili sambil menggerutu.
Petisi pada kain putih berukuran 50 meter itu selain ditandatangani Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah dan pejabat birokrasi, juga dilakukan oleh kalangan tokoh agama, tokoh masyarakat yang ada di daerah ini.
Menurut Bupati Suhaili FT, bandara Lombok dibangun secara tertatih-tatih yang diawali dana sharing pemerintah provinsi NTB dan pemerintah Kabupaten Lombok Tengah untuk pembangunan runway. Bahkan, proses pembangunannya pun telah menumpahkan darah saat pembebasan lahan.
Ketua DPD Golkar NTB ini menyebutkan, bandara Lombok merupakan bangunan monumental yang melambangkan persatuan dan kesatuan masyarakat di Lombok Tengah, sehingga apapun kebijakan pemerintah yang akan dilekatkan dengan bandara itu harus sepengetahuan masyarakat dan pemerintah Kabupaten Lombok Tengah.
“Bukan kami menolak kebijakan penggantian nama bandara itu, tetapi kami ingin dihargai selaku tuan rumah. Masyarakat Lombok Tengah juga tidak ngotot-ngotot amat untuk dihargai. Kalau kami mau, bisa saja bandara itu dinamai dengan nama tokoh masyarakat ataupun tokoh adat di daerah ini,” pungkas Bupati Lombok Tengah dua periode ini.
Suhaili juga menyebutkan, pengajuan nama untuk pengganti kali ini tidak pernah diajak komunikasi dengan pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat. Karenanya, pemerintah daerah akan bersurat dengan mengirim petisi yang telah dipenuhi tanda tangan ini ke Presiden RI H. Joko Widodo.
“Yang kami masalahkan sebenarnya bukan soal nama, tetapi prosedur penggantian itu yang bermasalah. Sekedar pemberitahuan pun tidak ada, apalagi untuk bersosialisasi kepada masyarakat,” kata Suhaili.
Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Tengah HM Nursiah juga menegaskan, jutaan masyarakat di daerah ini tidak pernah berdiam diri untuk membangun daerah, namun keluarnya Surat Keputusan Kementerian Perhubungan tentang pergantian nama bandara secara tiba-tiba itu seakan menganggap masyarakat Lombok Tengah tidak ada oleh pemerintah pusat.
“Kami masih hidup, kami mampu berbuat. Jadi tolong hargai kami yang selama ini masih kuat memegang tradisi dan adat istiadat untuk saling menghormati dan bergaul secara sopan dan santun,” kata Sekda berapi-api di sela-sela pelaksanaan istighosah yang diikuti ribuan masyarakat yang didominasi pejabat dan ASN di daerah ini.
Selama ini, menurut Sekda Nursiah, pemerintah Kabupaten Lombok Tengah selalu memberikan dukungan maksimal kepada program kerja pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi NTB, namun untuk pergantian nama bandara sebagai pintu masuk wisatawan ke NTB harus dengan sepengetahuan masyarakat, setidaknya pemerintah daerah.

Name

Artikel,20,BERITA,158,CPNS,3,DAERAH,72,Destinasi Lombok,6,Dunia,1,Gempa Bumi,1,kesehatan,13,Keuangan,1,kriminal,9,Life Style,3,Lombok Barat,5,Lombok Tengah,11,Lombok Timur,24,Lombok Utara,8,Olah raga,1,Olahraga,1,PEMILU,2,Peristiwa,6,Politik,19,Sejarah Lombok,1,Selebriti,1,teknologi,4,UMUM,62,Video lucu,1,viral,31,
ltr
item
Themandalika Lombok: Suhaili Cap Tanda tangan dengan Darah Tangannya saat Aksi penolakan Nama Bandara Lombok
Suhaili Cap Tanda tangan dengan Darah Tangannya saat Aksi penolakan Nama Bandara Lombok
https://4.bp.blogspot.com/-LwmH6iCsntU/W5Je4bvHoZI/AAAAAAAACIY/48cyWf954I0SLbmft89X0pviCSSYH-IxgCLcBGAs/s640/suhaili-cap-tangan-darah-tolak-nama-bandara.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-LwmH6iCsntU/W5Je4bvHoZI/AAAAAAAACIY/48cyWf954I0SLbmft89X0pviCSSYH-IxgCLcBGAs/s72-c/suhaili-cap-tangan-darah-tolak-nama-bandara.jpg
Themandalika Lombok
http://www.themandalika.com/2018/09/suhaili-cap-tanda-tangan-dengan-darah.html
http://www.themandalika.com/
http://www.themandalika.com/
http://www.themandalika.com/2018/09/suhaili-cap-tanda-tangan-dengan-darah.html
true
2770506852326208913
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy