Indonesia dapat hutang baru dari dunia menjelang lebaran ini

Koran silindo

Bank Dunia menyetujui pinjaman baru sebesar 150 juta dolar AS untuk Indonesia
Sindo News, JAKARTA -- Dewan Direktur Eksekutif Bank Dunia pada Kamis (14/6) menyetujui pinjaman baru 150 juta dolar AS untuk Indonesia. Utang baru ini untuk mendukung perawatan kesehatan primer semua warga Indonesia melalui tata kelola, akuntabilitas, dan pelayanan sektor kesehatan yang lebih baik. 



Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor-Leste Rodrigo A Chaves dalam pernyataan yang diterima di Jakarta, Kamis (14/6), memastikan pinjaman itu bagian dari Indonesian Supporting Primary Health Care Reform (I-SPHERE) Program yang akan mendukung pelaksanaan Program Indonesia Sehat. "Kesehatan penting agar Indonesia dapat memenuhi berbagai tujuan di mana warganya sehat dan makmur, memiliki kesempatan yang sama untuk berpartisipasi pada pertumbuhan dan perkembangan negara yang luar biasa," katanya.
Kondisi sektor kesehatan di Indonesia telah mengalami peningkatan pada tahun-tahun terakhir, karena ada perbaikan angka harapan hidup dan penurunan angka kematian anak berusia di bawah lima tahun dari 46 dari 1.000 kelahiran pada 2002 menjadi 32 dari 1.000 kelahiran pada 2017. 
photo
Utang Pemerintah Indonesia
Indonesia juga memiliki salah satu angka tertinggi di dunia untuk program asuransi kesehatan sosial pembayar tunggal yaitu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Diperkirakan pada 2019 seluruh penduduk Indonesia akan memiliki perlindungan JKN. Namun, angka kematian ibu atau perempuan yang meninggal akibat proses kehamilan, persalinan, atau setelah melahirkan adalah 126 per 100.000 kelahiran. Angka itu mendekati angka rata-rata negara berpenghasilan rendah.
Selain itu, Indonesia memiliki beban Tuberculosis (TBC) kedua tertinggi di dunia, yang menjadi penyebab lebih dari 10 persen kematian dini di Indonesia, dengan hanya sepertiga dari kasus tersebut yang mampu terdeteksi. Beberapa bagian dari pelaksanaan program itu adalah peningkatan kinerja, kapasitas, dan akuntabilitas pemerintah serta fasilitas kesehatan lokal dan perbaikan standar nasional dengan memperkuat akreditasi perawatan primer.
Pelayanan lokal yang lebih baik juga diharapkan dapat tercapai dengan adanya peningkatan orientasi kinerja dari pendanaan kesehatan, termasuk JKN. "Kinerja pelayanan kesehatan primer yang lebih baik akan meningkatkan tingkat kesehatan dari negara ini, yang merupakan komponen kunci dari modal manusia yang penting untuk kesuksesan Indonesia," kata Chaves.
Fokus dari program itu adalah kepada tiga daerah tertinggal di kawasan Indonesia timur, yaitu Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Papua. Tiga kawasan itu sedang menghadapi tantangan dalam ketidakmerataan hasil kesehatan dan akses terhadap pelayanan kesehatan primer yang bermutu, sehingga menjadi penyebab terjadinya angka kematian anak berusia di bawah lima tahun, malnutrisi kronis, dan stunting.
Secara keseluruhan, Indonesia telah berkomitmen untuk mencapai jaminan kesehatan universal, meski masih membutuhkan pembenahan dalam tata kelola, akses terhadap pelayanan kesehatan yang bermutu dan pendanaan sektor kesehatan di tingkat nasional maupun lokal. Dukungan Bank Dunia dalam sektor kesehatan di Indonesia merupakan komponen penting Kerangka Kerja Kemitraan Negara untuk Indonesia dari Grup Bank Dunia, yang mempunyai fokus kepada prioritas pemerintah yang memiliki potensi perubahan besar.
Sumber : republika

Name

Artikel,20,BERITA,158,CPNS,3,DAERAH,72,Destinasi Lombok,6,Dunia,1,Gempa Bumi,1,kesehatan,13,Keuangan,1,kriminal,9,Life Style,3,Lombok Barat,5,Lombok Tengah,11,Lombok Timur,24,Lombok Utara,8,Olah raga,1,Olahraga,1,PEMILU,2,Peristiwa,6,Politik,19,Sejarah Lombok,1,Selebriti,1,teknologi,4,UMUM,62,Video lucu,1,viral,31,
ltr
item
Themandalika Lombok: Indonesia dapat hutang baru dari dunia menjelang lebaran ini
Indonesia dapat hutang baru dari dunia menjelang lebaran ini
https://1.bp.blogspot.com/-_BG2rWnF_Kg/WyNOqBfrw0I/AAAAAAAABH4/GqnCASTyl4wDtLqj9Susm7uJkZrky8CYQCLcBGAs/s640/images%2B%252812%2529.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-_BG2rWnF_Kg/WyNOqBfrw0I/AAAAAAAABH4/GqnCASTyl4wDtLqj9Susm7uJkZrky8CYQCLcBGAs/s72-c/images%2B%252812%2529.jpeg
Themandalika Lombok
https://www.themandalika.com/2018/06/indonesia-dapat-hutang-baru-dari-dunia.html
https://www.themandalika.com/
http://www.themandalika.com/
http://www.themandalika.com/2018/06/indonesia-dapat-hutang-baru-dari-dunia.html
true
2770506852326208913
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy